jump to navigation

” HADITS DAN SUNNAH” Februari 23, 2012

Posted by ppraudlatulmubtadiin in GORESAN.
trackback

” HADITS DAN SUNNAH”

Hadist

  1. Definisi Hadits

Kata Hadits seperti apa yang telah ditinjau oleh Abul Baqa’[1],  adalah  kalimat isim dari lafadz Tahdiits yang mempunyai arti Ikhbar (Memberitahu). Kemudian dijadikan sebagai suatu istilah yang meliputi:

1. Qoul (ucapan)

2. Af’al (perbuatan)

3. Ikrar (ketetapan)

Dan semua itu di nisbatkan (analogi) terhadap Nabi Muhammad SAW.

Kata hadits ketika ditinjau  secara makna, dapat diklasifikasikan menjadi dua pengertian:

  1. Bermakna Ikhbar (memberitahu)

Hal ini diperkuat atau jelas bahwa kata hadits mempunyai makna ikhbar

  1. Bermkana Jaddah (baru)

Makna ini merupakan pendapat dari sebagian ulama’ yang berfatwa bahwa hadits adalah kebalikan dari Qadim yaitu kitabullah (Al-Qur’an), sedangkan Jadiid (hadist) adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Syaikh al-Islam Ibn Hajar di dalam syarah al-Bukhari berkata, yang dimaksud  hadits dalam  pendefinisian syar’i adalah sesuatu yang diproyeksikan kepada Nabi Muhammad SAW, dan hal itu seakan-seakan antonim dari Al-Qur’an, karena sesungguhnya Al-Qur’an adalah Qadim[2].

Nabi sendiri menyebutkan terhadap Qaulnya (ucapan) dengan sebutan “hadits” dan hal ini seakan-seakan memicu perbedaan terhadap hal-hal yang disandarkan  kepada nabi yang selain qaulnya (ucapan). Bahkan seakan-seakan beliau menaruh dasar terhadap apa yang diistilahkan ulama’-ulama’ sesudah itu dengan penamaan Al-Hadits atau kata Hadits. Seperti dalam contoh hadits berikut:

جاءه أبو هريرة يسأله عن أسعد الناس بشفاعته يوم القيامة, فكان جوابه عليه السلام: “

أنه علم أن لن يسأله عن هذا الحديث أحد قبل أبي هريرة لحرصه على طلب الحديث”[3]

 Macam-macam Hadits

Hadits di klasifikasikan  menjadi tiga bagian:

  1. Hadits Shahih    (حديث صحيح)

Seperti contoh:

ما أخرجه البخاري في صحيحه قال: حدثنا عبد الله بن يوسف قال أخبرنا مالك عن ابن شهاب عن محمد بن جبير بن مطعم عن أبيه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم قرأ في المغرب بالطور.[4]

  1. Hadits Hasan     (حديث حسن)

Seperti contoh:

 ما أخرجه الترمذي قال: حدثنا قتيبة حدثنا جعفر بن سليمان الضبعي عن أبي عمران الجوني عن أبي بكر بن أبي موسى الأشعري قال: سمعت أبي بحضرة العدو يقول: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أن أبواب الجنة تحت ظلال السيوف …….. الحديث. [5] فهذا الحديث قال عنه الترمذي: هذا حديث حسن غريب.

  1. Hadits Dlo’if      (حديث ضعيف)
    1. Hadits Mursal          (حديث مرسل)

Seperti contoh:

ما أخرجه مسلم في صحيحه في كتاب البيوع قال: حدثني محمد بن رافع ثنا حجين ثنا الليث عن عقيل عن ابن شهاب عن سعيد بن المسيب أن رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن المزابنة. [6]

  1. Munqothi’                (حديث منقطع)

Seperti contoh:

ما رواه عبد الرزاق عن الثوري عن أبي اسحق عن زيد بن يثيع عن حذيفة مرفوعا: ان وليتموها ابا بكر فقوي أمين.[7]

  1. Mu’dlil                     (حديث معضل)

Seperti contoh:

ما رواه الحاكم في معرفة علوم الحديث بسنده الى القعنبي عن مالك أنه بلغه أن ابا هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: للمملوك طعامه وكسوته بالمعروف, ولايكلف من العمل الا مايطيق. قال الحاكم: هذا معضل عن مالك, أعضله هكذا في الموطأ. [8]

  1. Mudallis                   (حديث مدلس)

Seperti contoh:

ماأخرحه الحاكم,[9] بسنده الى علي بن خشرم قال: قال لنا ابن عيينة: عن الزهري, فقيل له: سمعته من الزهري؟ فقال: لا, ولا ممن سمعه من الزهري. حدثني عبد الرزاق عن معمر عن الزهري. ففي هذا المثال اسقط ابن عيينة اثنين بينه, وبين الزهري

  1. Mu’allil                     (حديث معلل)

Seperti contoh:

كحديث يحيى بن أبي كثير عن أنس: أن النبي صلى الله عليه وسلم كان اذا أفطر عند أهل بيت قال: أفطر عندكم الصائمون. قال الحاكم: لقد ثبت عندنا من غير وجه رواية يحيى بن أبي كثير عن أنس بن مالك, الا أنه لم يسمع منه هذا الحديث. ثم أسند عن يحيى قال: حدثت عن أنس فذكره.[10]

  1. Mudltharib               (حديث مضطرب)

Seperti contoh:

حديث أبي بكر رضي الله أنه قال: يارسول الله أراك شبت, قال: شيبتني هود وأخواتها.[11]

  1. Maqlub                    (حديث مقلوب)

Seperti contoh:

حديث رواه حماد النصيبي عن الأغمش عن أبي صالح عن أبي هريرة مرفوعا: اذا لقيتم المشركين في طريق فلا تبدؤهم بالسلام. فهذا حديث مقلوب, قلبه حماد, فجعله عن الأغمش, وانما هو معروف عن سهل بن أبي صالح عن أيبه عن أبي هريرة. هكذا أخرجه مسلم في صحيحه. وهذا النوع من القلب هو الذي يطلق على راويه أنه يسرق الحديث.

  1. Syadz                       (حديث شاذ)

Seperti contoh:

مارواه أبو داود و الترمذي من حديث عبد الواحد ابن زياد عن الأغمش عن أبي صالح عن أبي هريرة مرفوعا: اذا صلى أحدكم الفجر فليضطجع عن يمينه. قال البيهقي خالف عبد الواحد العدد الكثير في هذا, فان الناس انما رووه من فعل النبي صلى الله عليه وسلم. لا من قوله, وانفرد عبد الواحد من بين ثقات أصحاب الأغمش بهذا اللفظ.

  1. Munkar                    (حديث منكر)

Seperti contoh:

ما رواه النسائي و ابن ماجة من رواية ئابي زكير يحيى بن محمد بن قيس عن هشام بن عروة عن أبيه عن عائشة مرفوعا كلوا البلح بالتمر فان ابن أدم اذا أكله غضب الشيطان. قال النسائي: هذا حديث منكر, تفرد به أبو زكير, وهو شيخ صالح, أخرج له مسلم في المتابعات, غير أنه لم يبلغ مبلغ من يحتمل تفرده.[12]

  1. Matruk                     (حديث متروك)

Seperti contoh:

حديث عمرو بن شمر الجعفي الكوفي الشيعي, عن جابر عن أبي الطفيل عن علي وعمار قالا: كان صلى الله عليه وسلم يقنت فى الفجرو ويكبر يوم عرفة من صلاة الغداء, ويقطع صلاة العصر اخر أيام التشريق.

  1. Khabar         (الخبر)

Khabar lebih layak daripada sunnah dalam aplikasinya merupakan sinonim hadits, maka hasits sama dengan ikhbar. Tidak dikatakan hadits  kecuali khabar yang tersambung kepada Nabi Muhammad SAW. Namun penamaan Ikhbary hanya diprioritaskan kepada orang-orang yang bekerja menelusuri sejarah dan sebagainya. Sebagian ualma’ mengkhususkan terhadap orang yang bekerja mencari sunnah dengan julukan al-muhaddits karena untuk membedakan dengan kaum ikhbary. pernyataan ulama’ dalam hal khabar yaitu:

بينهما عموم و خصوص مطلق, فكل حديث خبر, ولا عكس    [13].

  1. Atsar           (أثر)

Atsar adalah sinonim dari khabar, sunnah, dan hadits. Dikatakan “أثرت الحديث” mempunyai  arti “رويته”. Muhaddits dikatakan sebagai Atsariyan (أثريا) yang dinisbatkan kepada kata Atsar.[14] Maka tidak ada alasan untuk mengkhususkan atsar dengan apa yang telah disandarkan kepada ulama’-ulama’ salaf dari kalangan sahabat atau tabi’in. Sebagaiamana, bahwa atsar yang mauquf dan maqthu’ adalah dua riwayat yang sama-sama ma’tsur seperti halnya atsar yang marfu’. Namun atsar yang mauquf  dihubungkan terhdap sahabat. Dan atsar yang maqthu’ dihubungkan kepada tabi’in. Sedangkan atsar yang marfu’ akan sampai kepada Rasulullah SAW.

  1. Hadist Qudsi

Hadits qudsi adalah hadits yang ditunjukan oleh nabi bahwa hadits tersebut turunyya menunjuk penisbatan kepada Allah, supaya menunjukkan bahwa pengamalannya hanya berisi cerita tentang Allah dengan suatu metode yang berbeda secara dhahir daripada metode Al-Qur’an. Nama lain dari Hadits qudsi  yaitu “Ilahiyah wa Rabbaniyah (الهية و ربانية)”

Ada Ulama’ yang menyatakan bahwa lafadz hadits qudsi  adalah dari Allah SWT. Namun kebanyakan ulama’ yang memandang bahwa penyusunan hadits qudsi dinisbatkan kepada Nabi dan makan dari Allah SWT. Dan kepada pandangan tersebut Abul Baqa’ berpendapat dalam  menyikapi pendefinisian hadits qudsi tersebut dengan teguh dan jelas mengatakan ” sesungguhnya Al-Qur’an lafadz dan maknanya dari Allah dengan wahyu yang jelas. Sedangkan hadits qudsi yaitu wahyu yang mana lafdznya dari rasulullah dan maknanya dari Allah SWT yang didapat dari ilham atau tidur’.[15]

  1. Sunnah

Pada asalnya sunnah  tidak sama dengan hadits, karena sunnah mengikuti artinya  secara bahasa yaitu  sebatas terhadap cara melaksanakan ibadah yang dilakukan oleh nabi dalam  masa  hidupnya. Karena arti sunnah secara bahasa adalah cara atau metode.

Perbedaan antara hadist dan sunnah yaitu  hadits bersifat umum yang meliputi dari ucapan serta perbuatan  nabi. Sedangkan sunnah bersifat khusus terhadap  perbuatan  Nabi SAW.

 والله أعلم بالصواب


[1] Ayyub bin Musa al-Husaini al-Qarimi al-Kafwi

[2] Al-Tadriib 4

[3] Shahih al-Bukhari. Kitab al-Raqaq, halaman 51

[4] Al-Bukhari – Kitabul Adzan

[5] Al-Turmudzi – Abwabu Fadla’ilil Jihad-5- halaman 200 …..

[6] Muslim – Kitabul Buyu’

[7] Al-Hakim Fi Ma’rifati ‘Ulumil Hadits

[8] Ma’rifat ‘Ulumil Hadits, halaman 46

[9] Fi Ma’rifat ‘Ulumil Hadits, halaman 130

[10] Ma’rifat ‘Ulumil Hadits, halaman 117-118

[11] HR. Turmudzi

[12] Al-Tadrib-1- halaman 240

[13] Tadrib al-Rawi 4

[14] Al-Tadrib

[15] Kulliyaat Abil Baqa’ 288

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: