jump to navigation

PROSEDUR PELAKSANAAN EVALUASI November 8, 2016

Posted by ppraudlatulmubtadiin in Tak Berkategori.
trackback

assesmenpengertian Evaluasi Pelaksanaan

 Evaluasi program bimbingan menurut W.S Winkel (1991: 135), adalah usaha menilai efisiensi dan efektivitas pelayanan bimbingan itu sendiri demi peningkatan mutu program bimbingan. Sedangkan menurut Dewa Ketut Sukardi (1990: 47) adalah segala upaya tindakan atau proses untuk menentukan derajat kualiatas kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan di sekolah dengan mengacu pada kriteria tertentu sesuai dengan program bimbingan yang dilaksanakan. Jadi Evaluasi pelaksanaan program bimbingan adalah suatu usaha dan untuk menilai efisiensi dan efektifitas pelayanan bimbingan dan demi peningkatan mutu program bimbingan. Evaluasi pelaksanaan program bimbingan iaiah uasaha penelitian, dengan cara mengumpulkan data secara sistematis,

  1. Tujuan dan Fungsi Evaluasi pelaksanaan program

Secara umum penyelenggaraan evaluasi pelaksanaan program bimbingan bertujuan utnuk :

Mengetahui kemajuan program bimbingan atau subjek yang telah memanfaatkan layanan bimbingan.

Mengetahui tingkat efektivitas stratgi pelksanaan program bimbingan yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu.

Secara operasional, penyelenggaraan evaluasi pelaksanaan program bimbingan ditujukan untuk:

Meneliti secara berkala hasil pelaksanaan program bimbingan Mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas dari layanan bimbingan

Mengetahui jenis layanan yang sudah atau belum dilaksanakan dan  perlu diadakan perbaikan dan pengembangan.

Mengetahui sampai sejauh mana keterlibatan semua pihak dalam usaha menunjang keberhasilan pelaksanaan program bimbingan Memperoleh gambaran sampai sejauh mana peranan masyarakat terhadap pelaksanaan program bimbingan.

Mengetahui sejauh mana kontribusi program bimbingan terhadap pencapaian tujuan pendidikan pada umumnya, TIK DAN TIU pada khususnya.

Mendapatkan informasi yang adekuat dalam rangka perencanaan langkah-langkah pengembangan program bimbingan selanjutnya.

Membantu mengembangkan kurikulum sekolah untuk kesesuaian dengan kebutuhan.

  1. Jenis Evaluasi Pelaksanaan Program

Jenis evaluasi pelaksanaan program bimbingan di sekolah mencakup empat komponen, yaitu:

  1. evaluasi peserta didik (input),
  2. evaluasi program,
  3. evaluasi proses pelaksanaan program bimbingan
  4. evaluasi hasil pelaksanaan program bimbingan  di sekolah.
  • Evaluasi peserta didik (input)

Untuk mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan program bimbingan di sekolah, maka pemahaman terhadap peserta didik yang mndapatkan bimbngan penting dan perlu. Pemahaman mengenai peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin. Dengan pemahaman terhadap peserta didik ini dapat dipakai untuk mempertimbangkan hasil pelaksanaan program bimbingan bila dibandingkan dengan produk yang dicapai. Evaluasi jenis ini dimulai dari layanan pengumpulan data pada saat peserta didik di terima di sekolah bersangkutan. Adapun jenis data yang dikumpulkan dari peserta didik dapat berupa: (a) kemampuan skolastik umum, (b) bakat, (c) minat, (d) kepribadian, (e) prestasi belajar, (f) riwayat kependidikan, (g) riwayat hidup, (h) cita-cita pendidikan/jabatan, (i) hobi dan penggunaan waktu luang, (j) kebiasaan belajar, (k) hubungan sosial, (l) kadaan fisik dan kesehatan, (m) kesulitan-kesulitan yang dihadapi, (n) minat terhadap mata pelajaran sekolah.

  1. Evaluasi program

Jenis evaluasi program ini dilakukan demi untuk peningkatan mutu program bimbingan di sekolah. Penyusunan program bimbingan dan konseling di sekolah dibagi menjadi beberapa kegiatan, yaitu: (1) layanan kepada peserta didik, (2) layanan kepada guru, (3) layanan kepada kepala sekolah dan (4) layanan kepada orang tua siswa/masyarakat. Kegiatan operasional dari masing-masing layanan hendaknya disusun dalam sistematika tertentu. Jenis evaluasi pelaksanaan program ini memerlukan alat-alat/instrument evalauasi yang baik.

  1. Evaluasi proses pelaksanaan program bimbingan

Untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan dalam program bimbingan di sekolah, dituntut proses pelaksanaan program bimbngan yang mengarah kepada tujuan yang diharapkan. Di dalam pelaksanaan program bimbingan dan di sekolah banyak faktor yang terlebih dahulu perlu dievaluasi, di antaranya:

  1. Organisasi dan administrasi program bimbingan.
  2. Petugas pelaksana atau personel: a. Tenaga profesional b. Tenaga non profesional
  3. Fasilitas dan perlengkapan:
  4. Fasilitas teknis: tes, inventori, angket, format, dan sebagainya
  5. fasilitas fisik, seperti: Ruang konselor., ruang pertemuan, ruang administrasi bimbingan ruang penyimpanan alat-alat, ruang penyimpanan data.
  6. Perlengkapan seperti: meja, kursi, filling kabinet, files, lemari, rak, media bimbingan, mesin tik/komputer, alat perekaman dan pandang dengar, dan sebagainya

A . Anggaran biaya

Anggaran biaya perlu dipersiapkan secara rinci untuk menunjang pelaksanaan program bimbingan di sekolah. Anggaran biaya yang diperlukan adalah dalam pos-pos seperti: honorarium pelaksana, pengadaan dan atau pengembangan alat-alat teknis, pengadaan dan pemeliharaan sarana fisik, biaya operasional seperti: (biaya perjalanan, pertemuan, kunjungan rumah dan sebagainya), biaya penelitian dan penilaian.

  1. Kegiatan pelaksanaan program bimbingan dan konseling.
  1. Evaluasi hasil

Jenis evaluasi pelaksanaan program ini diadakan melalui peninjauan trhadap hasil yang diperoleh seseorang yang berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan bimbingan dan melalui peninjauan terhadap kgiatan itu sendiri dalam berbagai aspeknya. Peninjauan evaluatif itu memusatkan perhatian pada efek-efek yang dihasilkan sesuai dengan tujuan-tujuan bimbingan yang dikenal dengan nama valuasi produk/ valuasi hasil. Jadi, untuk memperoleh gambaran tentang keberhasilan dari pelaksanaan program bimbingan di sekolah dapat dilihat dari hasil yang diperoleh dari pelaksanaan bimbingan di sekolah. Sedangkan untuk mendapat gambaran tentang hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan di sekolah, maka harus dilihat dalam diri siswa yang memperoleh layanan bimbingan itu sendiri. Penilaian terhadap hasil lebih menekankan kepada pengumpulan data atau inforamsi mengenai keberhasilan dan pengaruh kegiatan layanan bimbingan yang telah diberikan. Dengan kata lain, evaluasi terhadap hasil ditujukan kepada pencapaian tujuam program, baik dalam jangka pendek, maupun jangka panjang.

B . Prinsip-prinsip evaluasi program bimbingan

Untuk mencapai tujuan dan terlaksananya fungsi program bimbingan. maka pelaksanaannya harus dikelola seefisien serta seefektif mungkin selaras dengan prinsi-prinsip suatu program. Beberapa prinsip yang harus diperankan dalam penyelenggaraan evaluasi pelaksanaan program bimbingan.

  1. Evaluasi yang efektif. berarti adanya kejelasan mengenai tujuan yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan evaluasi.
  2. Evaluasi yang efektif memerluka kriteria pengukuran yang jelas.
  3. E valuasi melibatkan berbagai unsur yang profesional dalam program bimbingan dituntut keterlibatan pihak-pihak yang benar-benar profesional dalam bidang bimbingan.
  4. Menuntut umpan balik (feed back) dan tindak lanjut sehingga hasilnya dapat digunakan untuk membuat kebijakan atau keputusan. Adapun keputusan dapat menyangkut:
  5. Personalia yang terlibat dan kemampuannya menggantikan atau penambahan tenaga.
  6. Jenis kegiatan dan pelaksanaannya disusun berdasarkan prioritas kegiatan dan subjek yang ditangani.
  7. Pembiayaan, waktu dan fasilitas lainnya harus dipertimbangkan.
  8. evaluasi yang efektif hendaknya terencana dan berkesinambungan. Hal ini berarti bahwa evalusi program binbingan dan konseling bukan merupakan kegiatan yang bersifat incidental, melainkan proses kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan.

 C . Prosedur pelaksanaan Evaluasi layanan Bimbingan.

  • Fase persiapan

 

Pada fase persiapan ini terdiri dari kegiatan penyusunan kisi-kisi evaluasi. Dalam kegiatan penyusunan kisi-kisi evaluasi ini langkah-langkah yang dilalui adalah :

  1. Langkah pertama- penetapan aspek-aspek yang di evaluasi.

Aspek-aspek yang dievalusi meliputi:

  1. Penentuan dan perumusan masalah yang hendak dipecahkan atau tujuan yang akan dicapai; 2. Program kegiatan bimbingan 3. Personel atau ketenagaan 4. Fasilitas teknis dan fisik 5. Pengelolaan dan administrasi bimbingan 6. Pembiayaan 7. Partisipasi personel 8. Proses kegiatan 9. Akibat sampingan.
  2. Langkah kedua- Penetapan kriteria keberhasilan evaluasi

Misalnya, bila aspek proses kegiatan yang akan dievaluasi maka kriteria keberhasilan yang dapat di evalusi di tinjau dari: 1. lingkungan bimbingan 2. sarana yang ada 3. situasi daerah.

  1. Langkah ketiga- Penetapan alat-alat/instrumen evaluasi.

Misalnya, bila aspek proses kegiatan yang hendak di evaluasi dengan criteria pada bagian b di atas maka instrument yang harus digunakan iaiah: 1. ceklis 2. observasi kegiatan 3. tes situasi 4. wawancara dan 5. angket.

  1. Langkah keempat- Penetapan prosedur evaluasi
  2. Langkah kelima- Penetapan tim penilai atau evaluator.
  • Fase persiapan alat atau instrument evaluasi

Memilih alat evaluasi yang ada atau menyusun dan mengembangkan alat-alat yang diperlukan

Penggandaan alat-alat evaluasi yang digunakan

  • Fase pelaksanaan kegiatan evaluasi
  • Fase menganalisis hasil evaluasi
  • Fase penafsiran atau interpretasi dan pelaporan hasil evaluasi
  1. Metode/Pendekatan evaluasi pelaksanaan program Bimbingan
  2. Metode observasi
  3. Metode Eskperimental
  4. Metode studi kasus

 Evaluasi Pelaksanaan program Bimbingan

Penyelenggaraan evaluasi program bimbingan di sekolah masing-masing dilakukan cara mengungkap beberapa aspek, yaitu:

  1. Relevansi program dengan kebutuhan
  2. Administrasi dan organisasi bimbingan dan konseling
  3. Proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling
  4. Hasil atau proses layanan bimbingan dan konseling

DAFTAR PUSTAKA

  1. Sukardi.,Dewa ketut.1996. Pengantar pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah:Jakarta, PT. Rineka Cipta.
  2. Sukardi., Dewa ketut.1989. Dasar-dasar Bimbingan dan Penyuluahan di Sekolah: Surabaya, Penerbit usaha Nasional.

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: