jump to navigation

A M B A K : ( Apa Manfaatnya Bagiku… ? ) Desember 12, 2009

Posted by ppraudlatulmubtadiin in ARTIKEL.
trackback

Pendahuluan

Kita sebagai insan yang butuh dengan pengetahuan dan pendidikan yang nantinya kita akan membentuk kecerdasan, propesi dan keterampilan, dalam segala bidang baik dalam pendidikan, politik, sosial, maupun dalam kancah kemasyarakatan yang luas dan berbeda-beda. Dimana aral akan selalu menghambat dan tampak dalam setiap langkah, maka dari itu kita harus selalu waspada dengan apa yang akan kita tetapkan, putuskan dan apa yang akan di lakukan kita harus menimbang sisi positif dan negatifnya, sebuah pertanyaan harus selalu timbul dalam benak anda sekalian tanyakan diri anda sendiri : Bagaimana aku dapat memanfaatkannya kehidupanku dan orang lain dalam kehidupan sehari-hari ?

Dengan tersusunya makalah ini, pemakalah mengajak para pembaca, para rekan sahabat Mahasiswa khususnya untuk mengkaji dan membahas lebih mendalam tentang “ A M B A K ” ( Apa Manfaatnya Bagiku… ? ) Semuga apa yang kami sajikan ini dapat membawa manfaat dan menjadi tambahan ilmu bagi kita semua. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Definisi Dan Kekuatan AMBAK

1. Definisi AMBAK

Kita sering membicarakan manfaat atau plus dan minusnya dari apa yang kita lakukan sehari-hari, mulai dari yang berhubungan dengan tuhan sampai yang berhubungan dengan sesama manusia itu sendiri, namun sampai saat ini kita belum mengetahui dengan pasti sebuah pertanyaan yang dikutip dalam buku Quantum Learning : Apa Manfaatnya Bagi Ku ?

AMBAK adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan.

2. Kekuatan AMBAK

Sebelum anda melakukan hampir segalanya dalam hidup anda, baik secara sadar maupun tidak, anda akan bertanya pada diri anda tentang pertanyaan penting ini “Apa manfaatnya bagiku ?” Mulai dari pekerjaan sehari-hari yang paling sederhana hingga monumental yang mengubah hidup, segala sesuatu harus menjanjikan manfaat pribadi atau anda tidak mempunyai motivasi melakukannya.

Misalnya, anda bangun dipagi hari sabtu dan berdebat mengenai manfaat pergi ke Klub olahraga untuk berlatih atau memanfatkan waktu untuk tidur berlama-lama, Jika anda bangkit dari tempat tidur pada saat itu, berarti anda telah melihat manfaatnya dan melakukannya bagi diri anda. Dan anda telah memilih jalan atau keputusan perdebatan yang terjadi dalam diri anda, bahwa kesehatan dan kebugaran badan lebih bermanfaat dari pada tidur. Dlam hal ini, anda harus melihat pada kedua pilihan yang menurut anda lebih menarik yang penting alternative yang lebih menarik adalah alternative yang anda pilih.

Menciptakan Minat

AMBAK sama saja dengan menciptakan minat dalam apa yang sedang anda pelajari dengan menghubungkannya dengan “dunia nyata”. Anda harus mencari cara untuk menjadikannya berarti bagi hidup anda sendiri. Tanyakan pada diri anda, bagaimana aku dapat memanfaatkannya dalam kehidupanku sehari-hari ?.

Menciptakan minat merupakan jalan yang sangat baik untuk memotivasi diri anda demi mencapai tujuan. Bagaimana cara anda menciptakan minat ini tergantung pada berbagai hal dalam kehidupan anda sendiri. jadi, masing-masing orang akan melakukannya dengan cara yang berbeda.

Menciptakan minat juga memiliki keuntungan intrinsiknya. Ketika anda Menciptakan minat dalam suatu subyek, anda kerap mendapati bahwa hal itu membawa anda kepada minat baru di bidang lainnya. mengembangkan bidang-bidang baru ini menimbulkan kepuasan tersendiri, dan juga minat baru lainnya reaksi berantai yang berjalan terus-menerus. Pelajaran tentang oseanografi, misalnya, mungkin anda tertarik pada aquarium air laut, yang selanjutnya membuat anda tertarik pada scuba diving, yang selanjutnya membuat anda tertarik pada fotografi dasar laut, ini terus-menerus sehingga dunia bawah laut menjadi eksplorasi dan kepuasan yang tak ada akhirnya.

Ketika Anda Menciptakan Minat Pada Suatu Subyek, Anda Akan Sering Menemukan Bahwa Ini Menuju Pada Minat Baru, Menciptakan Reaksi Ranrai Yang Terus-Menerus.

AMBAK dan Quantum Learning.

AMBAK ini berperan meningkatkan peran anda sebagai pelajar seumur hidup. Buku ini memikul tentang tanggung jawab demi meningkatkan kualitas hidup anda dengan belajar sedapat mungkin dari setiap situasi dan memanfaatkannya untuk diri anda dan orang-orang yang anda cintai. Dan untuk mengkaji secara efektif masalah-masalah yang penting bagi hidup anda. Buku ini adalah tentang “belajar aktif” lawan “belajar pasif”.

Belajar Aktif       Vs       Belajar Pasif
¨      Belajar apa saja dari setiap situasi ¨      Tidak dapat melihat adanya potensi belajar
¨      Menggunakan apa yang anda pelajari untuk keuntungan anda ¨      Mengabaikan kesempatan untuk berkembang dari suatu pengalaman belajar
¨      Mengupayakan agar segalanya terlaksana ¨      Membiarkan segalanya terjadi
¨      Bersandar pada kehidupan ¨      Menarik diri dari kehidupan

Jika anda sedang mencari “ilmu”, maka secara otomatis anda akan terbuka untuk pengalaman dan pelajaran yang di tawarkan oleh kehidupan. Semakin banyak pengetahuan yang anda miliki, semakin banyak pula pilihan yang anda miliki ketika menghadapi situasi yang menantang.

Mempunyai kemampuan untuk membuat keputusan dengan penuh keyakinan dapat melahirkan “ Kekuatan Pribadi “

Komentar»

1. Sunthree - Juni 10, 2010

Ambak???? saya kira nama mBak-mBAk..hk..hk.
Pembahasan diatas juga sangat berkaitan dengan disiplin ilmu psikologi.

2. kumpulan skripsi - November 4, 2011

Kok, blognya gak di-update2 lagi ya mas?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: